Ketahui 3 Hal Ini Agar Sponsored Content Anda Sukses

Tahu 3 Hal Ini untuk Sponsored Content yang Efektif

Ketika sedang membuat konsep bagi sponsored content dalam bentuk artikel, ada kemungkinan Anda akan terbawa arus saat berbicara tentang apa yang akan diangkat dalam materi yang nantinya akan ditampilkan bagi target audience. Terbawa arus di sini dalam artian bisa jadi apa yang Anda bayangkan tentang apa yang akan ada di materi Anda nanti berisi tentang fitur-fitur unggulan produk Anda serta kelebihannya dibanding produk lain.

Pola pikir ini sering dijumpai, terutama bagi mereka yang baru mulai mencoba promosi jenis ini. Tidak mengherankan mengingat bahwa dalam periklanan tradisional, yang paling banyak ditampilkan tentu saja adalah produk itu sendiri.

Namun, Anda harus ingat bahwa meskipun yang akan Anda buat adalah iklan, sponsored content yang efektif adalah yang memiliki emotional value dan menawarkan hal lain selain promosi, seperti informasi ataupun cerita.

Nah, untuk menghindari hadirnya kesan ‘narsis’ dan terlalu terkesan hard-selling hingga tidak menarik bagi audiens, apa yang harus Anda ketahui supaya artikel Anda bisa menarik perhatian target audience?

Tahu di mana audiens Anda berada

Agar bisa menjangkau audiens yang Anda inginkan, hal yang penting tentu tahu di mana mereka berada. Hal ini penting karena jika Anda memutuskan untuk menggunakan publisher yang tidak akan dikunjungi oleh orang-orang dengan segmen yang Anda mau, campaign Anda akan berakhir tanpa hasil yang maksimal.

Cari tahu situs apa yang audiens Anda biasanya kunjungi (Source: Freepik)

Untuk dapat menentukan tempat yang tepat, sebenarnya Anda hanya memerlukan riset yang simpel. Kebanyakan publisher sebenarnya telah memiliki pangsa pasarnya sendiri bahkan bagi yang segmennya termasuk kategori niché, sehingga Anda hanya perlu memilah-milah sedikit lagi.

Tahu bagaimana audiens Anda mengonsumsi konten

Selain mengetahui ke mana biasanya target audience Anda pergi, sebisa mungkin Anda juga harus tahu cara mereka menikmati konten. Apakah audiens Anda tipe orang-orang yang bisa berlama-lama ketika membaca artikel? Apa mereka lebih suka konten yang juga menyajikan foto-foto yang relevan? Informasi ini akan membantu Anda untuk menyajikan advertorial yang lebih efisien dan tepat sasaran.

Tahu apa yang dihadapi oleh audiens Anda

Untuk dapat menawarkan sesuatu, Anda juga harus tahu keadaan audiens. Posisikan diri Anda sebagai audiens dan bayangkan, kira-kira dalam keadaan seperti apa mereka membutuhkan Anda? Setelah mendapat gambaran tersebut, bahas situasi tersebut dalam konten Anda. Kemudian baru mulai tuangkan tentang kenapa produk atau jasa yang Anda miliki dapat menjadi solusi.

Cari tahu apa yang sedang dihadapi oleh audiens Anda
Cari tahu apa yang sedang dihadapi oleh audiens Anda (Source: Freepik)

Sebagai contoh, misalnya produk Anda adalah gadget terbaru dan saat ini sedang masuk musim liburan. Orang-orang yang Anda targetkan adalah mereka yang kemungkinan besar akan berwisata ke luar kota atau luar negeri. Dari sini, materi Anda dapat membahas tentang destinasi liburan yang memiliki pemandangan indah dan layak untuk diabadikan oleh kamera produk yang Anda miliki.

Itulah tiga hal utama yang harus Anda ketahui dalam menjalankan strategi sponsored content bagi brand Anda. Selain itu, kuncinya adalah selalu ingat bahwa selain mengiklankan produk atau servis, Anda juga membangun interaksi dengan mereka.

Free Email Updates
Get the latest content first.