4 Kegunaan Artificial Intelligence bagi Marketing Saat Ini


Meningkatnya popularitas Artificial Intelligence (AI) kini telah mempengaruhi banyak bidang. Bahkan, di tahun 2020, perkembangan AI dipercaya akan memberi perubahan besar pada dunia marketing. Saat ini, salah satu contoh penggunaannya dalam dunia marketing dapat dilihat dalam chatbot berbasis kepintaran artifisial yang saat ini digunakan berbagai brand. Selain itu, saat ini apa manfaat AI yang bisa dinikmati oleh marketer?

  1. Hasil pencarian yang lebih akurat

Dengan deep learning yang dimiliki oleh AI, data yang ada mengenai konsumen diproses lebih mendalam sehingga proses pencarian yang dilakukan juga akan mendatangkan hasil yang lebih sesuai dengan preferensi konsumen. Tidak hanya sekadar di mesin pencari, kemajuan ini juga berlangsung di berbagai e-commerce sehingga membantu konsumen untuk dapat menemukan produk yang mereka inginkan.

  1. Mesin rekomendasi

Fitur rekomendasi adalah salah satu fitur yang dapat menarik perhatian konsumen, terutama jika diterapkan dalam e-commerce. Rekomendasi ini datang dari hasil analisa AI terhadap berbagai informasi yang tersedia mengenai perilaku pengguna, salah satunya menggunakan sejarah pencarian yang dilakukan oleh mereka. Hal ini membantu konsumen untuk dapat memilih produk selanjutnya yang sesuai dengan selera mereka.

  1. Programmatic advertising

Salah satu kegunaan AI yang sekarang juga tengah naik daun adalah programmatic advertising. Dengan ini, pembelian dan penjualan inventori ads dilakukan langsung dan bidding juga dilakukan secara real-time. Dalam prosesnya, terdapat DSP, SSP, dan DMP. Programmatic advertising meningkatkan efisiensi dalam pemasangan iklan dan meminimalisir adanya kemungkinan human-error.

  1. Prediksi marketing

Selain hal-hal di atas, manfaat AI terhadap dunia marketing yang sudah jelas adalah kegunaannya dalam business intelligence. Perkembangan teknologi saat ini menghasilkan tools berbasis AI yang dapat membantu orang-orang yang berkecimpung dalam dunia marketing untuk menghasilkan prediksi yang lebih terjamin tingkat keakuratannya. Hal ini dibantu dengan jenis data yang memang lebih banyak dan lebih mudah untuk dianalisa, seperti clicks, views, conversion rate, dan lain-lain. Kemudahan memproses informasi ini membuat marketer semakin mudah untuk memutuskan langkah selanjutnya yang akan diambil.

Free Email Updates
Get the latest content first.