Pernah bingung saat pertama kali ingin campaign produk atau jasa? Atau, pernah merasa gagal saat campaign tidak mendapatkan hasil yang optimal? Jika iya, hal ini penting sebagai langkah marketing plan tepat agar tidak salah sasaran. Terdapat beberapa langkah marketing plan yang lebih baik dan tepat untuk capai hasil optimal.

  1. Apa tujuan dari campaign yang dibuat?

Untuk melakukan sebuah campaign sangat penting untuk melihat tujuan yang jelas dibuatnya campaign tersebut. Tujuan dapat dikatakan sebagai kunci utama untuk menentukan langkah-langkah berikutnya. Ibarat pintu, apabila kuncinya salah maka pintu itu tidak dapat terbuka. Tujuan yang salah membuat langkah berikutnya tidak berjalan sesuai dengan campaign tersebut. Langkah berikutnya dari campaign tersebut akan berbeda dan tidak sesuai dengan semestinya. Tetapkan terlebih dahulu tujuan tersebut.

  1. Siapa yang ingin dituju untuk campaign ini?

Campaign tersebut setelah diketahui tujuannya maka akan dengan mudah untuk mengetahui target dan segmentasinya. Target dan segmentasi ini penting untuk diketahui hingga detail terkecil agar campaign yang disiapkan dapat tersampaikan tepat sasaran. Target untuk lelaki saja tidak cukup untuk menyebarkan campaign tersebut. Sangat perlu mengidentifikasi lelaki seperti apa yang cocok dengan campaign. Target dan segmentasi ini dapat dilihat dari pekerjaan, kelas ekonomi, hobby, hal yang disukai, dll.

  1. Pesan apa dan seperti apa yang ingin disampaikan dari campaign ini?

Pesan untuk campaign ini perlu dirancang dengan tepat agar target sasaran tertarik dengan campaign dibuat. Selain itu, pesan ini juga dapat disesuikan dengan kondisi sekitar atau moment yang dekat dengan target sasaran. Misalkan, tujuannya untuk memperkenalkan produk dan promo tetapi ada moment tahun baru. Moment tersebut dapat dijadikan daya tarik tersendiri untuk membuat target tertarik. Selain menarik untuk target, hal tersebut juga dapat membuat target merasa memiliki kesamaan dan tujuan yang sama dengan campaign tersebut.

Setelah menentukan 3 hal diatas, maka dapat dikatakan hal tersebut sudah dapat menjadi pegangan untuk langkah bagi campaign dijalankan. 2 langkah berikutnya hanya akan menjadi bumbu pelengkap kesuksesan campaign dibuat.

  1. Menentukan media yang tepat untuk digunakan

Saat ini media sudah semakin berkembang dan banyak jenisnya. Media saat ini dapat digunakan untuk berbagai macam penyebaran campaign. Setiap media memiliki karakter sendiri dan unik sehingga dapat menjadi pilihan. Karakter media tersebut disesuaikan dengan 3 tahap marketing plan. Selain itu juga campaign diusahakan agar tetap sesai dengan karakter media agar tetap menarik dan tidak mengganggu pengguna smartphone.

  1. Tradisional VS Digital Marketing?

Tradisional maupun digital memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing, namun hal tersebut sama-sama dapat memperkuat efektifitas iklan tersebut. Apabila kedua kekuatan ini disatukan akan memperkuat marketing plan sebuah produk atau jasa. Seperti yang ada pada artikel sebelumnya mengenai “Using Both Traditional and Digital : Marketing Optimization”.

Salah satu contohnya, campaign sebuah perusahaan mobil yang memiliki beberapa tipe mobil. Tujuan untuk setiap mobil berbeda tujuan dan sasarannya pada produksi mobil tersebut. Oleh karena itu, perlu dianalisis dan dilihat lebih jauh bagaimana tujuan dan siapakah sasarannya agar dapat membuat pesan yang sesuai untuk mengiklankan produk tersebut. Selain itu juga perlu melihat kembali mengenai media yang digunakan dan disamakan karakter antara pesan yang ingin disampaikan dengan karakter media tersebut.

Free Email Updates
Get the latest content first.