Sepertinya fenomena mobile bukan lagi suatu hal yang mengherankan. Kemajuan teknologi membuat hampir semua orang membutuhkan perangkat yang dapat memfasilitasi aktivitas dalam genggaman tangan. Smartphone menjawab keinginan tersebut. Ketergantungan masyarakat modern sedemikian besar hingga dunia marketing tentunya turut merasakan imbas dalam perkembangannya.

Keadaan ini telah membuat para pelaku digital marketing di dunia memusatkan strategi mereka ke arah mobile. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah mulai beranjak ke sana? Jika belum, di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mengalokasikan fokus Anda ke ranah mobile agar dapat mendapatkan hasil marketing yang maksimal.

Mengapa Anda harus fokus pada mobile marketing? (Source: Freepik)
Mengapa Anda harus fokus pada mobile marketing? (Source: Freepik)

Akses internet paling tinggi berasal dari ponsel

Saat ini, 60% lalu lintas internet di dunia berasal dari koneksi telepon genggam. Di Indonesia sendiri, persentase traffic yang berasal dari smartphone sebesar 69%. Persentase ini menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat lebih sering mengakses internet menggunakan handphone mereka dibanding lewat komputer.

Mobile commerce semakin merajalela

Era keemasan desktop sebagai pilihan utama pengguna internet untuk berbelanja online kini sudah berlalu. Kenyamanan dan keamanan dalam membeli barang incaran kini dapat ditemukan juga di ponsel, membuat user beralih dari komputer. Tak hanya berbelanja melalui e-commerce atau marketplace, media sosial seperti Facebook dan Instagram juga memiliki pasar yang besar.

Pengguna internet ‘ketagihan’ dengan telepon genggam

Dalam risetnya, IDC menunjukkan bahwa setiap jam, 79% pengguna meletakkan ponsel mereka dalam jangkauan. Tak hanya itu, 4 dari 5 pengguna ponsel mengungkapkan bahwa hal pertama yang dilakukan ketika membuka mata adalah mengecek handphone. Penggunaan handphone rata-rata adalah 195 menit per harinya.

 

Dengan data-data di atas, brand bisa mencari cara untuk dapat menempatkan diri di hadapan audiens yang ditargetkan. Walaupun terkesan lebih ‘padat’ dan ramai, pemakaian smartphone sebenarnya telah membantu membukakan jalan bagi marketer untuk menjangkau target audience dengan lebih mudah. Bisa dibilang, smartphone digunakan hampir 24 jam sehari, jauh lebih besar dari kanal-kanal lainnya yang biasa digunakan untuk mengiklankan brand Anda.

Free Email Updates
Get the latest content first.