Creative Communication Intelligence at FreakOut dewina Indonesia


Iklan seharusnya membawa dampak yang positif bagi sebuah brand campaign. Untuk itu brand juga perlu memaksimalkan efektivitas iklannya, jangan sampai budget yang dikeluarkan untuk produksi iklan tidak mencapai KPI yang diinginkan.

Native Advertising, sebuah format iklan yang mulai banyak diaplikasikan di Indonesia, juga harus diatur strateginya agar mampu menjangkau audiens dengan lebih efektif. Seperti iklan-iklan lainnya, Native Ad juga mempunyai komponen copywriting dan visual. Copywriting adalah salah satu elemen penting iklan Native yang sangat mempengaruhi klik dari audiens. 4 tips di bawah ini akan menjelaskan bagaimana membuat copywriting iklan Native menjadi efektif.

Headline Menjawab Campaign

Karena headline adalah jembatan antara aset digital brand dan audiens, maka headline harus mewakili isi dari campaign. Jika isi campaign adalah tentang lead generation, maka headline juga perlu mengajak audiens untuk mengisi form atau mendownload sesuatu. Begitupun jika isi campaign berbicara tentang voucher/diskon/promo, maka headline juga harus memberi tahu audiens bahwa ada promo menarik yang berguna bagi audiens.

Sesuaikan Bahasa Dengan Target Audience

Brand harus paham dengan siapa dia berbicara. Dalam native advertising, relevansi adalah kunci, salah satunya adalah relevansi bahasa. Jika brand berbicara dengan target audiens ibu-ibu, maka pendekatan bahasanya juga harus pas. Begitu pun jika target audiensnya adalah generasi millennial, maka bahasa di headline pun juga harus seluwes mungkin untuk dipahami oleh genersi millennial.

 

Source: linkedinriches

Source: linkedinriches

Singkat, Padat, Jelas

Keterbatasan karakter dalam iklan native, membuat copywriter harus sekreatif mungkin membuat headline yang mewakili pesan. Headline tidak perlu basa-basi, namun harus singkat dan jelas. Hanya dalam sepersekian detik, audiens mencerna pesan campaign dan kemudian mengklik iklan tersebut. Untuk itu, headline memang harus menyampaikan pesan yang jelas.

Hindari Headline Yang Memberi Over-Expectation

Headline yang memberi gambaran over-expectation akan menimbulkan bounce rate yang tinggi, artinya orang akan menutup browser mereka sesaat setelah klik iklan tersebut karena apa yang ditawarkan tidak sesuai dengan apa yang ada. Headline yang efektif selalu memberikan penjelasan apa adanya, sehingga ketika target audiens mengklik iklan native, maka pesan akan tersampaikan secara benar.

Dalam 60 karakter, Headline menjadi alat yang powerful, pesan campaign terwakili dan memancing audiens untuk melakukan aksi yang lebih lanjut. Beriklan kini semakin mudah dan efektif dengan iklan Native dari FreakOut dewina Indonesia.

Free Email Updates
Get the latest content first.