Creative Communication Intelligence at FreakOut dewina Indonesia


Januari ini menjadi bulan yang penting untuk para content marketers karena Rabu kemaren (18/1) FreakOut dewina Indonesia membuat event khusus untuk para digital enthusiasts. Event yang berjudul “HangOut with FreakOut”, yang berlangsung di Cinemaxx FX ini mengambil tema “How To Play with Content Marketing in Mobile Era”. Sebanyak 200 undangan menghadiri event ini, yang terdiri dari para praktisi digital dan content marketing brand hingga agensi periklanan.

IMG_0205

Event “HangOut with FreakOut” ini mengundang 4 orang pembicara dari berbagai bidang. Zarona Izar (Kaskus Networks), Triari Senawirawan (DBS Bank), dan Nicky Sebastian & Tyas Dwi Pamungkas (Blibli.com). Pemilihan pembicara ini didasarkan pada kemampuan dan kapabilitas mereka di bidang digital dan juga content marketing.

Acara dimulai pukul 19.00 dan dibuka oleh COO FreakOut dewina Indonesia Dian Sarita, selaku perwakilan dari FreakOut dewina Indonesia. Dian menyampaikan selamat datang dan terima kasih untuk semua yang telah antusias untuk mendaftar dan datang.

IMG_0146

Dan host dari FreakOut dan sekaligus head of marketing FreakOut yaitu Erdian Tomy dengan gaya stand up comedy, menyapa dan memunculkan atmosfer hangat pada audiens dengan berbagai gimmick ringan. Erdian Tomy membuka acara dengan memberikan gambaran umum mengenai content marketing dan perbedaan consumer content behavior untuk user experience di desktop dan mobile. Tomy menyampaikan bahwa 70% content share dari sebuah web page berasal dari perangkat mobile, bahkan 81% mengakses berita/informasi secara reguler, dengan kategori hiburan dan isu sosial menjadi kategori yang paling diminati. Gambaran umum ini juga digunakan untuk menjembatani bahasan pembicara satu dengan yang lainnya.

IMG_0155

Zarona Izar, Brand Manager Forum Kaskus Networks menjadi pembicara pertama di event ini. Dia menyampaikan tentang ekosistem konten di Kaskus yang terdiri dari User Generated Content, Staff Generated Content dan Partners Content. Izar juga memberi contoh konten Keluarga Tak Kasat Mata yang memiliki traffic tinggi dan sukses untuk Kaskus. Traffic Kaskus sendiri sebagaimana dipaparkan oleh Izar, 78% berasal dari Mobile Web dan Mobile Apps. Hal ini menunjukkan bahwa mobile menjadi hal penting untuk diperhatikan untuk media.

IMG_0171

Pembicara kedua adalah Triari Senawirawan dari DBS Bank Indonesia. Selaku Senior Vice President of Consumer Marketing DBS Bank, Triari menyampaikan apa saja yang dilakukan DBS Bank dalam content marketing. Triari langsung memberikan beberapa contoh video Sparks, sebuah mini seri buatan DBS Bank yang mengengage audiens untuk mendalami produk DBS dengan soft-selling. Konten-konten ini terbukti adalah konten yang mudah dibagikan orang karena inti ceritanya secara emosional mampu menciptakan relevansi dengan audiens.

IMG_0186

Terakhir dan tak kalah seru dari kedua pembicara sebelumnya, muncul duet Nicky Sebastian dan Tyas Dwi Pamungkas, selaku Senior Communication Strategist dan Content Writer dari Blibli.com. Tyas mengawali pembicaraan dengan menjelaskan mengenai konten yang ada di Blibli Friends, dengan berbagai contoh konten yang pernah mereka buat. Bahkan Tyas menyampaikan insight-insight yang ditemukan selama menggawangi Blibli Friends. Nicky Sebastian kemudian menceritakan mengapa Blibli Friends itu efektif untuk Blibli.com dan bagaimana cara untuk menggiring audiens menjadi customer melalui konten yang diciptakan. Bahkan salah satu contoh yang dipaparkan adalah ketika Blibli Friends membuat konten untuk Hari Ibu dalam sebuah campaign #CumaMamaYangBisa yang lagi-lagi mengangkat insight unik dengan bungkus emotional value.

IMG_0215

IMG_0239

Para tamu tampak antusias sekali menyimak apa yang disampaikan oleh keseluruhan pembicara. Di akhir acara, para tamu tak langsung pulang, dan mereka memilih untuk berinteraksi satu sama lain dalam networking time. Tampak pembicara-pembicara “HangOut with FreakOut” dikelilingi oleh para tamu yang ingin berinteraksi langsung. Event ini sendiri merupakan event pertama FreakOut dewina Indonesia di tahun 2017. Tujuan dari event ini adalah untuk membuat sebuah ekosistem yang baik, juga relasi yang erat antara FreakOut dewina Indonesia dan juga berbagai partner yang terlibat dalam ekosistem digital Indonesia. Ilmu-ilmu yang akan diberikan dalam event “HangOut with FreakOut diharapkan mampu memberikan pengetahuan bagi pelaku industri digital untuk mengembangkan usahanya lebih baik. Event ini pun akan direncanakan untuk diadakan secara reguler.

Silahkan mengunjungi landing page kami untuk melihat materi-materi yang dibawakan oleh masing-masing pembicara di sini.

Dokumentasi lainnya

IMG_0060

IMG_0266

IMG_0281

IMG_0103

Free Email Updates
Get the latest content first.