Share on LinkedIn

Setelah Event HangOut with FreakOut di bulan Januari 2017 ini, FreakOut kembali mengadakan HangOut with FreakOut edisi spesial. Bulan Februari ini FreakOut Group mengadakan #HangOutWithFreakOut x Indo Lotte, sebuah bisnis e-commerce yang lahir dari Grup Salim dan Grup Lotte yang berasal dari Korea Selatan. Kali ini FreakOut dewina Indonesia datang bersama EMC dan Inbound.id. HangOut kali ini bertujuan untuk membangun ekosistem yang baik dengan antar FreakOut Group dan Indo Lotte melalui event sharing.

IMG_7908

Ardi Sudarto, selaku Chief of Marketing Officer dari Indo Lotte, membuka #HangOutWithFreakOut x Indo Lotte. Kemudian dilanjutkan oleh Erdian Tomy yang memberikan intro tentang apa yang akan dibahas dalam 4 sesi sharing setelahnya. Tomy menyampaikan tentang bagaimana E-Commerce ini memang sektor yang sedang tumbuh dan berkembang pesat di Indonesia. Indonesia sebagai the fastest growing internet market di dunia, ternyata mempunyai growth online shoppers yang tertinggi di dunia. Indonesia dinilai sebagai sebuah lahan yang subur untuk pertumbuhan e-commerce.

IMG_7916

IMG_7918

Italo Gani dari Inbound dalam sesi pertama menyampaikan pentingnya performance marketing. Dia menyampaikan bahwa ada yang lebih efektif dari pada mass communication yang selama ini dilakukan, yakni targeted communication, yang lebih menyasar audiens dengan pola-pola komunikasi yang relevan. Ada 3 step process yang harus dilewati sebuah e-commerce, yakni To-Be Found (ditemukan), Converted (dikonversi untuk menjadi buyer), dan Nurtured (loyalitas brand). Proses ini yang kemudian harus menjadi strategi yang akan diaplikasikan di dalam programmatic, yang menjadi bagian dari performance marketing.

IMG_7929

Sesi selanjutnya, ada Ridho Putradi, yang merupakan CEO dari Inbound. Ridho menjelaskan tentang sebuah consumer journey, bagaimana search itu seharusnya bisa dioptimalkan untuk mendapatkan traffic yang signifikan ke sebuah website. Search bisa dioptimalkan dengan penggunaan keyword relevan yang bisa mengkonversi seseorang untuk menjadi pembeli hingga loyal terhadap e-commerce tersebut.

IMG_7938

Sesi ketiga dibuka oleh Eddy Yansen, dari EMC berbicara tentang bagaimana social media itu adalah faktor penting dalam sebuah brand. Pendekatan melalui personal, entah itu chat marketing atau pun melalui Key Opinion Leader mampu menghasilkan lebih banyak leads yang potensial. Bahkan contoh kasus yang dibawa Eddy adalah bagaimana Taobao mampu menggeser E-Bay di China hanya dengan fitur chat yang ada di platformnya. Indonesia mempunyai insight yang sama dengan China, bagaimana orang itu bertanya kepada seller dalam bentuk chat untuk menghasilkan solusi untuk kebutuhannya, tidak hanya bertanya seputar produk.

IMG_7948

Sesi terakhir, Dian Sarita dari FreakOut dewina Indonesia menjabarkan mengenai pentingnya content marketing dan kanal yang bagus untuk menjembatani content marketing dan target audience. Content marketing yang relevan dengan lingkup brand dan tidak hanya sekedar mengikuti tren adalah content marketing yang baik. Content marketing ini tidak serta merta bisa dibaca oleh target audience secara langsung, untuk itu kita memerlukan kanal yang relevan dan nyaman untuk target audience. Native Advertising menjadi jawabannya. Native advertising mampu mengkonversi target audience menjadi sebuah traffic yang signifikan daripada display ad (banner/pop-up) yang mengganggu. Format Native Ad yang serupa dengan layout publisher lebih nyaman untuk user, sehingga user mempunyai willingness untuk membaca dan mengklik iklan tersebut. Iklan tersebut lalu menghantarkan target audience kepada content marketing yang sudah disediakan.

IMG_7971

Sharing event ini adalah sharing event pertama yang dilakukan FreakOut Group yang mendatangi brand-brand. Seiring tujuan FreakOut dewina Indonesia adalah untuk membangun ekosistem yang baik antara stakeholder di dunia advertising, maka program #HangOutWithFreakOut ini akan terus dijalankan. Siapakah yang akan berkolaborasi selanjutnya dengan #HangOutWithFreakOut?

IMG_7935

IMG_7998

IMG_8007

Free Email Updates
Get the latest content first.
Share on LinkedIn