Perkembangan jaman dan juga perkembangan teknologi semakin tidak terasa karena berjalan begitu cepat. Ternyata, ada setidaknya 5 generasi di 1 abad terakhir ini. Generasi Baby Boomers, Generasi X, Generasi Y, Generasi Z, dan Generasi Alpha. Generasi X, Y, Z, dan Alpha adalah generasi yang sudah menerima terpaan dunia digital dan teknologi yang sudah semakin maju. Namun, siapakah generasi baby boomers itu? Baby Boomers adalah generasi yang lahir pada tahun 1946 hingga 1964. Generasi ini adalah generasi yang ada pasca perang dunia kedua.

Apa Itu Generasi Baby Boomers?

Generasi Baby Boomers adalah generasi di mana orang-orang belum menggunakan teknologi digital. Walaupun generasi baby boomers ini adalah sekelompok orang berusia tua, namun mereka sebenarnya adalah orang-orang yang memiliki daya beli tinggi terhadap suatu produk. Rata-rata pekerjaan generasi baby boomers ini adalah pensiunan di mana mereka memiliki cukup hingga banyak uang serta memiliki waktu santai lebih banyak. Generasi ini memiliki potensi besar untuk menjadi target pasar sebuah produk namun memiliki kelemahan karena tidak mengikuti era yang masuk ke teknologi digital.

Source : Pexels

Apa Solusinya?

Generasi baby boomers mayoritas sudah memiliki anak, cucu maupun kerabat yang termasuk dalam generasi X,Y,Z, atau bahkan Alpha. Generasi X,Y,Z atau Alpha adalah generasi yang mengikuti teknologi digital. Pemasar dapat memanfaatkan generasi tersebut untuk menjadi perantaranya. Pemasar yang memiliki produk dengan target pasar orang tua generasi baby boomers dapat membuat target audience mereka orang-orang di generasi X,Y,Z, atau Alpha.

Misalkan, ada pemasar yang memiliki produk asuransi kesehatan masa tua. Pemasar tersebut dapat memberikan pesan atau membuat campaign tersebut untuk anak/kerabat dari generasi baby boomers (generasi X, Y, Z atau Aplha). Anak atau kerabat tersebut diajak untuk merasa bahwa produk tersebut penting untuk kerabat mereka yang termasuk dalam generasi baby boomers. Oleh karena itu, mereka akan menyampaikan pesan produk tersebut kepada target pasar (generasi baby boomers) melalui word of mouth.

Baby Boomers
Baby Boomers

Perkembangan jaman dan teknologi yang semakin cepat bukan berarti pemasar juga meninggalkan generasi sebelumnya yaitu generasi baby boomers. Pemasar dapat mencari celah agar produk yang dimiliki untuk target pasar para generasi baby boomers dapat tetap tersampaikan walaupun dijembatani oleh target audience.

Free Email Updates
Get the latest content first.