5 Karakteristik yang Umum Ditemukan pada Konsumen Indonesia


Mencari tahu secara lengkap karakteristik konsumen adalah sebuah keharusan bagi mereka para pelaku marketing, baik digital maupun tidak. Dengan informasi tersebut, maka marketer akan dapat merancang strategi yang lebih tepat guna untuk dapat menjangkau pasar potensial.

Jika diperhatikan, ada beberapa karakteristik yang umum ditemui dalam pola konsumsi konsumen Indonesia. Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, karakteristik ini tentunya perlu diketahui oleh para marketer lokal. Apa saja di antaranya?

  1. Pertimbangan jangka pendek

Tak jarang orang Indonesia menggunakan perspektif jangka pendek saat membeli sesuatu. Banyak transaksi yang dilakukan dengan terburu-buru atau tanpa pertimbangan yang benar-benar matang. Tak hanya itu, orang Indonesia cenderung lebih tertarik pada barang-barang yang dapat langsung dipunyai atau didapat. Kecenderungan ini juga mengakibatkan pola konsumsi masyarakat Indonesia yang masih rendah dalam beberapa sektor seperti asuransi atau tabungan pendidikan yang memang berorientasi jangka panjang. Masyarakat lokal cenderung lebih suka membeli barang-barang yang dapat langsung dipergunakan.

Pola konsumsi orang Indonesia cenderung berbasis jangka pendek
  1. Berkelompok

Pada umumnya orang Indonesia memiliki rasa kebersamaan yang tinggi, dan lebih suka berada dalam suatu kelompok atau komunitas. Karakter ini membuat konsumen menjadi lebih gampang dipengaruhi untuk membeli sesuatu jika orang-orang yang ada dalam kumpulan mereka juga membeli produk tersebut, karena mempunyai barang yang sama dengan orang di sekitar dapat memunculkan rasa kebersamaan pada kelompoknya.

Konsumen Indonesia memiliki rasa kebersamaan yang tinggi terhadap kelompoknya
  1. Mudah tertarik pada kemasan

Hingga saat ini, konsumen lokal cenderung lebih mudah untuk tertarik pada suatu produk jika produk tersebut memiliki kemasan yang baik dan menarik. Tampilan yang meyakinkan sudah cukup untuk meyakinkan tipe konsumen ini untuk berbelanja tanpa mempertimbangkan lebih jauh aspek-aspek lain yang ada dari produk yang akan dibeli. Fenomena ini juga terlihat dari kebiasaan masyarakat yang lebih suka mengakses media sosial berbasis visual.

Karena lebih suka melihat kemasan, konsumen lokal lebih suka media sosial berbasis visual
  1. Mengikuti Tren

Tipe yang satu ini sebenarnya masih berhubungan dengan watak orang Indonesia yang tak lepas dari lingkungan sosialnya. Tren tak lepas dari lingkungan konsumen, sehingga menimbulkan keinginan di hati pembeli untuk mempunyai barang yang sering dipakai oleh orang-orang di sekitar atau pun idola mereka.

Konsumen Indonesia gemar mengikuti tren terbaru
  1. Melek Teknologi

Walaupun belum selaras dengan negara-negara maju, masyarakat lokal mempunyai radar yang kuat pada perkembangan teknologi sehari-hari. Karakteristik ini terutama terlihat lebih jelas di generasi yang lebih muda yang sangat terbuka terhadap adanya perubahan. Kecenderungan untuk menjadi early adopter juga cukup tinggi.

Early adopting bukanlah sesuatu yang baru bagi konsumen lokal

Demikianlah lima karakter yang dipunyai oleh konsumen Indonesia. Apakah menurut Anda ada karakter lain yang perlu juga diketahui oleh para marketer?

 

(Sumber gambar: unsplash.com)

Free Email Updates
Get the latest content first.