Mudahnya membangun online shop berbasis situs saat ini adalah daya tarik utama yang membuat banyak orang mendirikan online shop mereka sendiri. Namun ada beberapa hal yang harus menjadi fokus utama agar dapat menjaring hasil yang memuaskan. Salah satunya adalah perilaku konsumen saat sedang melakukan kegiatan belanja online. Berikut beberapa di antaranya.

1. Kebiasaan belanja yang berbeda menurut gender

Saat berbelanja, pria dan wanita memiliki kecenderungan yang memiliki karakteristiknya masing-masing, sehingga dapat mempengaruhi jenis produk yang Anda jual. Ada beberapa perbedaan yang signifikan di antara kebiasaan yang terdapat dalam dua gender ini. Pertama, konsumen perempuan lebih gampang ‘terbujuk’ akan diskon ataupun jenis promo lainnya dibandingkan dengan konsumen laki-laki. Selain itu, perempuan lebih cenderung berbelanja untuk kebutuhan yang tidak terlalu mendesak, sementara laki-laki membeli barang yang dibutuhkan dalam waktu dekat.

2. Tak terbatas dalam satu jenis perangkat

Walaupun smartphone memang tengah naik daun sebagai perangkat utama untuk menjelajahi internet, ternyata masih banyak konsumen yang menggunakan laptop dan desktop untuk aktivitas belanja mereka. Kebanyakan pengguna internet memang melakukan pencarian mengenai barang yang mereka inginkan menggunakan smartphone, namun akan melakukan pembelian di laptop. Bahkan, masih berkaitan dengan poin pertama, perempuan lebih suka berbelanja online melalui perangkat ini. Karena itu, meskipun mobile memang harus menjadi prioritas, Anda juga tak boleh melupakan kenyamanan tampilan serta akses pada situs Anda saat dibuka lewat desktop.

Konsumen memiliki kebiasaan sendiri saat akan berbelanja melalui online shop
3. Riset sebelum membeli

Menurut riset yang dilakukan oleh Salesforce pada tahun 2017, sebelum berbelanja, 85% konsumen melakukan riset khusus. Kebiasaan ini dilakukan tak hanya terhadap barang yang akan mereka beli, namun juga terhadap tempat di mana mereka akan berbelanja. Konsumen akan mencari tahu rating serta review yang telah dibuat oleh pelanggan yang sudah ada baik di forum, media sosial, serta platform lainnya. Tak hanya itu, konsumen juga akan melakukan perbandingan dengan online shop lainnya. Untuk itu, pastikan Anda memberikan pelayanan maksimal baik offline maupun online. Jika ada komplain di platform digital yang Anda gunakan, usahakan untuk menanganinya dengan cepat dan tepat untuk menghindari reputasi yang kurang baik di mata calon konsumen.

4. Pengembalian dana sebagai daya tarik

Dibanding generasi sebelumnya, generasi millennial ternyata lebih tertarik terhadap adanya jaminan pengembalian dana. Hal ini cukup wajar mengingat bahwa konsumen tidak dapat melihat langsung barang yang mereka beli, sehingga adanya jaminan tersebut dapat memberikan kepercayaan lebih terhadap online shop Anda.

5. Ketersediaan cara pembayaran yang beragam

Saat berbelanja, konsumen juga sering menjadikan cara pembayaran sebagai salah satu faktor pertimbangan mereka. Adanya cara pembayaran yang aman, mudah, serta efisien bagi konsumen dapat menjadi poin plus bagi Anda.

 

Sumber: Marketingprofs

Free Email Updates
Get the latest content first.