Share on LinkedIn

Dalam dunia marketing ada beberapa cara untuk mendapatkan target market, seperti menghabiskan budget dalam iklan dan berharap konten yang diiklankan dapat memberikan ROI yang tinggi, atau kamu juga bisa membangun loyalitas audiens yang sudah ada yang terus menerus mengkonsumsi konten dan produkmu.

loyalty (1)

source: neilpatel

Apa yang dibangun oleh sebuah brand ponsel, Apple adalah membangun loyalitas brand dengan baik. Setiap produk yang dihasilkan selalu menarik perhatian audiens dan mereka berbondong-bondong mengantri untuk mengganti iPhone lama mereka dengan keluaran terbaru.

Dalam sebuah website, loyal audience/readers pun adalah hal yang penting. Untuk itu bagaimana cara kita membangun audiens yang loyal di website? Hal yang pertama yang harus diperhatikan adalah bagaimana sebuah website harus fokus pada kualitas, bukan pada kuantitas. Konten-konten yang berkualitas selalu membuat audiens untuk stay lebih lama untuk memahami konten tersebut secara lebih mendalam. Judul click bait memang selalu menghasilkan banyak klik, tapi miskin di engagement dan mempunyai bounce rate yang cukup tinggi.

Salah satu cara yang efektif untuk membangun audiens yang loyal adalah lewat email. Email-email berisi content marketing, cerita yang relevan akan menumbuhkan trust dari audiens terhadap kontenmu. Berkolaborasi dengan influencers yang relevan juga merupakan satu langkah efektif, misalnya ketika kamu membuat sebuah website tentang masakan, berkolaborasilah dengan chef popular atau dengan food blogger.

Bagaimana memproduksi konten yang berkualitas dan sesuai target? Ada 3 faktor yang mempengaruhi:

1. Informasi Eksklusif

Sebuah website memang sebaiknya memberikan informasi-informasi yang eksklusif untuk membedakannya dari yang lain, misalnya ada data penting yang disajikan, atau ada pembahasan studi kasus, interview dengan sosok tertentu, atau ada gimmick tertentu.

2. Desain yang menarik

Desain yang menarik memang selalu membuat pembaca merasa nyaman di website tersebut. Beberapa elemen di desain website adalah punya keterbacaan font yang baik, mobile friendly dan warna yang ramah di mata. Bahkan jika website tersebut mempunyai iklan di dalamnya, iklan tersebut jangan sampai mengganggu user.

3. Mempunyai Added Value

Sebuah website yang direkomendasikan selalu punya konten yang menarik, seperti kedalaman konten dan pembahasan atau mampu mengarahkan emosi audiens sesuai dengan tujuan pembuatan konten. Semakin relevan konten tersebut, semakin audiens tertarik dan loyal mengkonsumsi konten.

Quotefancy-1575971-3840x2160

Free Email Updates
Get the latest content first.
Share on LinkedIn