Creative Communication Intelligence at FreakOut dewina Indonesia


Dalam konsep marketing, audience adalah elemen yang sangat penting. Reach dalam sebuah campaign memang penting, namun kita juga harus menyadari bahwa apakah audience yang kita jangkau itu termasuk berkualitas atau tidak. Relevansi audiens dengan iklan juga harus diperhatikan, misalnya ketika kita mempunyai brand yang harga produknya cukup tinggi, kita juga sebaiknya menjangkau audiens yang punya daya beli tinggi, atau tinggal di kota besar, atau terbiasa menggunakan produk-produk dengan segmen menengah ke atas.

Pemilihan format iklan menjadi salah satu yang perlu diperhatikan dalam mendapatkan high quality audience. Beberapa data seperti CTR dan Bounce Rate bisa menjadi indikator apakah iklan tersebut relevan atau tidak dengan audiens. Selanjutnya konten yang ada di landing page iklan tersebut juga sangat mempengaruhi audience interest terhadap brand.

Spectators

Which Audience Do You Want To Reach? | Source:  verticalresponse

Native Advertising yang semula dianggap the new kid di digital advertising ternyata terbukti mampu untuk menjangkau audiens yang lebih efektif dan sesuai dengan keinginan brand. Bagaimana format iklan Native ini mampu mendapatkan High Quality Audience?

1. Tidak Mengganggu Audience

Native Advertising punya kelebihan di dalam tampilannya. Bentuknya yang menyerupai tampilan feed dari publisher, memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengganggu audience. Berbeda dengan tampilan display ads yang bersifat pop-up, audiens cenderung menolak iklan tersebut dengan berusaha menutup iklan tanpa membaca informasi terlebih dahulu.

mock up native ad klien

2. Kekuatan Headline dan Visual

Karena audiens lebih nyaman melihat iklan dengan format Native Advertising, mereka akan membaca yang menarik dan relevan untuk mereka. Headline dan visual yang akan menarik mereka untuk mengklik lebih jauh tentang informasi campaign produk tersebut. Terkesan seperti membaca berita biasa, mereka akan lebih mudah di-engage dengan format Native.

3. Pemilihan Media

Pemilihan media juga berpengaruh dalam mendapatkan high quality audience. Brand yang menyasar anak muda, akan lebih efektif jika diseleksi media yang memang dibuka oleh anak muda, sehingga iklan tetap fokus dan relevan. Begitu pun untuk segmen ibu-ibu, cari media yang sering diakses ibu-ibu untuk mendapatkan informasi.

4. Optimalkan Iklanmu

Pentingnya mengoptimalkan iklan, misal ada penggantian ketika ada media yang kurang efektif, atau headline yang kurang efektif. Semakin efektif iklan kita, semakin tepat sasaran audiens yang kita dapatkan.

4 elemen di atas bisa menjelaskan bagaimana format iklan Native memang membantu brand mendapatkan High Quality Audience, yang notabene tujuan kampanye marketingnya bisa memberikan hasil yang lebih efektif lagi.

Free Email Updates
Get the latest content first.