Creative Communication Intelligence at FreakOut dewina Indonesia


Banyak orang yang berpikir bahwa iklan memiliki satuan yang terukur, salah satunya adalah jumlah klik. Ads yang bagus, adalah ads yang banyak diklik oleh target audiencenya. Namun beberapa hal menunjukkan bahwa kuantitas klik belum efektif untuk menyampaikan sebuah campaign dengan baik dan benar.

Kenapa Jumlah Klik Tinggi, Tapi Campaign Tidak Efektif?

Judul iklan yang clickbait adalah salah satu faktor iklan memiliki jumlah klik yang tinggi. Mengapa? Judul yang clickbait cenderung menarik rasa penasaran orang lain untuk membaca. Ya, memang lebih banyak orang yang penasaran, namun karena mayoritas judul clickbait tidak sesuai dengan isinya, maka bounce rate yang dihasilkan pun akan besar. Artinya adalah hanya sedikit orang yang memahami maksud dari campaign yang ada.

Tak hanya judul, visual pun bisa clickbait. Gambar yang membuat penasaran, juga mampu memunculkan kekecewaan dari users. Selain dua faktor ini, ada juga faktor format iklan. Format iklan yang tiba-tiba muncul, atau memiliki ukuran besar bisa jadi punya banyak klik karena ketidaksengajaan. Ketidaksengajaan ini membuat audience cepat-cepat menutup page yang ada dan kembali ke page sebelumnya tanpa membaca apa konten di dalamnya.

Klik Berkualitas Ditentukan Dengan Relevansi

Relevansi seolah menjadi jawaban untuk menimbulkan engagement dengan audience. Headline yang relevan, visual yang relevan serta konten yang relevan akan menjadi faktor kuat engagement. Dalam sebuah campaign, berikan sesuatu yang relevan dengan audience, maka audience yang mengakses iklan tersebut memiliki conversion rate yang jauh lebih besar.

Judul “Tahukah Kamu Bahwa 5 Tips Ini Membuat Makanan Awet?” dalam sebuah campaign kulkas, akan menarik orang-orang yang ingin tahu caranya makanan tetap awet. Dengan masuk ke landing page tersebut, audience tidak akan kecewa dengan konten yang diberikan. Karena dari awal, mereka sudah dipandu dengan headline yang memberikan ekspetasi. Ya, relevansi memenuhi ekspektasi.

Klik Berkualitas Membuat CTR Lebih Tinggi

Seperti yang dibahas di paragraph sebelumnya, relevansi adalah hal yang penting. Relevansi menghasilkan klik yang berkualitas. Dari 10 orang yang masuk ke landing page misalnya, pesan iklan akan mampu didistribusikan dengan sangat baik ke 5-7 orang. Artinya, konsep Clickthrough Rate yang ada akan semakin baik ketika ada relevansi.

CTR yang tinggi dengan audience yang berkualitas pada akhirnya akan mengkonversi audience menjadi buyer sesuai dengan objective dari campaign yang ada. Ini menjadi bagian dari efektifitas sebuah campaign. Dengan budget yang disediakan, iklan akan mampu menjangkau audiens yang berkualitas dengan conversion rate yang tinggi. Beda halnya ketika kita berbicara tentang jumlah klik yang banyak, namun bounce rate yang ada tinggi sehingga campaign apa pun itu menjadi tidak efektif dalam penyampaian pesannya.

Free Email Updates
Get the latest content first.