Salah satu cara yang cukup efektif dalam menarik audiens untuk berinteraksi dengan brand adalah dengan membangun narasi marketing yang berpusat pada cerita untuk menyampaikan pesan brand Anda. Tak hanya itu, narasi marketing juga bisa berguna untuk menimbulkan adanya koneksi emosional antara konsumen dengan brand. Koneksi ini bisa terjadi oleh karena melalui kisah, kesan yang muncul jadi lebih personal karena tak sekadar menyajikan fakta-fakta seputar produk maupun perusahaan.
Dalam pembuatan narasi marketing, apa saja yang harus dipikirkan agar dapat secara efektif menjangkau target audiens Anda?

Kebutuhan Konsumen
Sebelum membuat narasi marketing, hal yang pertama yang patut menjadi fokus tentunya adalah kebutuhan serta ketertarikan yang dimiliki target konsumen Anda. Dengan memahami hal ini, Anda akan dapat menuangkan empati dalam narasi yang dibuat dan menunjukkan bahwa brand Anda mengerti tentang perasaan dan keinginan audiens. Hal ini secara tidak langsung akan membangun ikatan emosional dengan audiens dan mempengaruhi pilihan mereka saat membeli produk.

Plot & Alur Cerita
Dalam menyajikan kisah yang menarik, plot serta alur yang tepat akan membuat narasi marketing Anda mampu meninggalkan kesan yang lebih mendalam bagi para audiens yang membacanya. Sebagai contoh, Anda dapat memasukkan tentang bagaimana brand Anda memutuskan untuk mengembangkan produk yang bisa memberi solusi bagi permasalahan yang tengah dihadapi oleh konsumen.
Tak hanya itu, alur yang mengalir secara natural akan memberikan kesan organik pada narasi marketing yang Anda buat. Perhatikan setiap bagian dari narasi tersebut dan pastikan semuanya runut dan tidak membingungkan, baik dari awal hingga akhir tulisan.

Ciri Khas
Berikan suara atau pendekatan yang unik dan berkarakter dalam narasi marketing Anda. Masukkan ciri khas yang dapat membedakan brand Anda dari brand lain yang sejenis sehingga kesempatan untuk meraih top-of-mind awareness di antara audiens lebih besar. Sebagai contoh, jika brand kompetitor lebih banyak menggunakan narasi yang mengangkat tentang solusi yang ditawarkan, Anda dapat menulis tentang kisah pelanggan setelah menggunakan produk Anda.

Free Email Updates
Get the latest content first.