Dalam beberapa tahun terakhir, istilah big data sering didengung-dengungkan dalam dunia marketing. Apakah sebenarnya big data? Secara sederhana, big data adalah sekumpulan data dengan volume sangat besar dan merupakan campuran dari berbagai data baik yang terstruktur maupun tidak.

Dalam dunia marketing, big data turut memberikan manfaat bagi perusahaan. Analisis terhadap semua data yang menyangkut tentang brand maupun konsumennya baik dari internal maupun eksternal, digital maupun tradisional, dapat menghasilkan informasi yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitas strategi marketing yang digunakan. Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh McKinsey, perusahaan-perusahaan yang melakukan analisis mendalam terhadap data mereka memperoleh profit 126% lebih tinggi dari kompetitor mereka.

Dalam prosesnya, analisis terhadap big data mempengaruhi kinerja strategi marketing dari berbagai sisi. Pertama, dari big data kita bisa mendapat pemahaman yang lebih tentang perilaku konsumen, mulai dari demografi audiens, kebiasaan, preferensi, hingga perilaku pasca terjadi transaksi. Dengan informasi ini, banyak yang dapat dimanfaatkan oleh brand.

Saat ini, marketer sudah berevolusi dalam cara berkomunikasi dengan konsumen. Tersedia berbagai kanal yang dapat digunakan untuk meraih perhatian pasar. Tidak mungkin untuk menggunakan semua kanal tersebut, sehingga di sini kehadiran big data sangat membantu para marketer untuk memilih mana yang paling tepat untuk menjangkau audiens.

Selain itu, marketer dapat memasang ads dengan hasil yang lebih baik dari sebelumnya karena targeting yang lebih tepat sasaran serta materi iklan yang lebih menyesuaikan selera konsumen. Peningkatan performa ini akan berpengaruh pada conversion yang terjadi serta bujet yang akan menjadi lebih efisien dari sebelumnya. Selain itu, data yang tersedia juga dapat menunjukkan apa yang selama ini menjadi problem untuk brand dan menyediakan solusinya.

Tak hanya itu, keberadaan data dalam skala besar ini juga mengubah cara kerja marketer. Dalam marketing tradisional, tak jarang terjadi kesuksesan campaign sulit untuk dipastikan dengan angka yang valid. Kehadiran big data memberikan angin segar untuk kondisi tersebut. Terutama di era digital marketing, kesuksesan strategi yang sudah dilakukan dapat dihitung dengan basis data yang jelas dan tidak berdasarkan spekulasi semata. Tak cuma brand besar, brand-brand kecil pun dapat merasakan manfaat ini.

Free Email Updates
Get the latest content first.