Share on LinkedIn

Content Marketing memang jadi salah satu strategi yang mulai banyak diterapkan brand-brand. Dalam beberapa tahun terakhir, content marketing menjadi salah satu strategi brand yang paling efektif untuk mengembangkan bisnisnya. Bahkan content marketing dianggap memiliki conversion rate yang lebih tinggi dari strategi yang lainnya.

content-marketing-benefits

source: bluefrontier

Content marketing menggunakan konten-konten yang relevan dan berguna untuk audiens untuk menjalin hubungan yang lebih dalam lagi dengan audiens. Content marketing menghasilkan traffic yang lebih berkualitas juga audiens yang lebih loyal. Ini 4 tipsnya untuk memulai content marketing dengan budget yang efektif:

1. Identifikasi Konten Yang Efektif Dan Relevan

Dalam penyusunan sebuah content marketing memang akan banyak sekali tipe-tipe konten ada untuk diproduksi, namun brand harus memilih konten apa yang tepat untuk didistribusikan. Ada blog, video, slideshow, infografik, animasi, image dan masih banyak lagi tipe konten. Namun kita harus memilih apa yang biasa diakses oleh target audiens. Misalnya ketika kita berbicara pada generasi Z, ada fakta bahwa salah satu social media yang paling sering mereka buka adalah youtube. Untuk itu kita perlu mempertimbangkan konten video untuk menjangkau mereka.

2. Membuat Konten Yang Berkualitas

Dalam content marketing, kualitas adalah hal yang lebih diprioritaskan daripada kuantitas. Membuat 90 artikel yang kedalamannya buruk dengan 45 artikel yang membagikan value dan insight yang dalam akan berbeda hasilnya. Content marketing berusaha melakukan engagement dengan target audience melalui konten yang dalam. Audiens juga akan lebih percaya dengan produk yang disajikan brand dan secara tidak langsung akan mengkonversi mereka menjadi audiens yang loyal terhadap brand.

3. Optimalkan Kontenmu

Bagaimana kita bisa mengoptimalkan konten yang telah diproduksi? Penggunaan keyword yang dicari oleh audiens adalah salah satu pengoptimalan konten. Selain itu, ikut “nebeng” di trend yang sedang berlangsung, bisa jadi salah satu kekuatan content marketing.

Membuat draft editorial plan penting untuk brand. Bagaimana beberapa outline ide yang berbeda, bisa dikembangkan menjadi sebuah paragraf dan sebuah cerita. Jadi konten-konten yang dihasilkan brand bisa mempunyai unique outline satu sama lain.

4. Distribusikan Dengan Kanal Yang Tepat

Distribusi content marketing memang harus memakai kanal-kanal yang tepat. Penggunaan media sosial sangat membantu mendistribusikan konten yang telah diproduksi. Berbicara tentang ad-format, salah satu ad-format yang cocok untuk mendistribusikan content marketing adalah native advertising. Native Ad mampu mendistribusikan ke publisher-publisher yang relevan dengan interest target audience.

Nah, empat strategi di atas bisa menjadi tips brand untuk mengembangkan bisnisnya melalui content marketing. Dengan sumber daya yang terbatas, brand bisa memaksimalkan marketing ROI.

content-marketing-strategy.jpeg

source: business2community

Free Email Updates
Get the latest content first.
Share on LinkedIn