Target Audiens yang Tepat Kunci Suksesnya Strategi Marketing


Sebagai marketer, tentu adalah sebuah impian jika semua orang mengenal dan menggunakan produk Anda. Namun sebenarnya, harapan ini cukup mustahil untuk dipenuhi karena beda segmen juga memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Jika Anda ingin menjangkau semua orang, Anda hanya akan menghabiskan waktu, tenaga, serta biaya. Lebih baik alokasikan sumber daya Anda pada satu segmen audiens yang memang akan cocok dengan karakteristik brand Anda. Dengan prioritas ini, strategi marketing Anda akan lebih terfokus dan Return On Investment yang nantinya dihasilkan akan lebih benefisial.

Untuk itu, segmen yang nantinya Anda targetkan itu harus diperhatikan dengan cermat. Langkah yang nantinya diambil akan bergantung pada karakter target audiens ini, sehingga tingkat keberhasilan strategi marketing Anda akan sangat bergantung pada ketepatan audiens yang ingin Anda jangkau.

Nah, untuk dapat menentukan profil segmen yang tepat bagi brand Anda, ada beberapa hal yang harus Anda gali lebih dalam. Apa saja di antaranya?

  1. Mulai buat hipotesis lebih dalam tentang latar belakang orang-orang yang Anda ingin jangkau. Bangun profil target konsumen dengan informasi seperti demografi. Data ini memang akan terlihat sangat umum, namun dari sana, Anda bisa menganalisa kebutuhan serta pola konsumsi target tersebut lebih jauh lagi. Tambahkan detail-detail pendukung seperti pekerjaan, tingkat pendidikan, penghasilan serta pengeluaran per bulan, dan lain-lain.
  2. Kenali isu dan kebutuhan target audiens tersebut yang masih relevan dengan brand Anda. Anda bisa menggali hal ini dari konsumen yang sudah ada. Apa yang mereka hadapi ketika mencari produk? Apa yang membuat mereka akhirnya memutuskan untuk memilih brand Anda? Banyak hal yang dapat melatarbelakangi keputusan saat membeli, namun Anda akan melihat beberapa pola yang serupa.
  3. Cari tahu media apa yang mereka pakai untuk mencari informasi. Dengan mengetahui  apa yang dikunjungi oleh massa yang ingin Anda jangkau saat mereka sedang mencari tahu soal produk tertentu, Anda dapat menentukan platform yang tepat untuk menempatkan konten untuk menyampaikan pesan Anda sebagai brand.
  4. Apa manfaat dari produk Anda yang dapat dinikmati oleh calon pelanggan? Daripada memfokuskan diri pada keunggulan brand Anda dibanding kompetitor, lebih baik titik beratkan manfaat yang bisa Anda berikan pada audiens dalam memenuhi kebutuhan mereka. Langkah ini akan membantu Anda menempatkan diri di posisi target audiens dan mengerti cara mereka mempertimbangkan produk dan motivasi memilih brand tertentu.

Demikian beberapa hal yang harus Anda telaah lebih dalam untuk dapat menentukan target audiens yang pas untuk brand Anda. Ketika Anda sudah membangun profil audiens yang solid, fokuskan setiap langkah marketing yang akan diambil untuk segmen ini. Saat membuat rencana, selalu tekankan pada pertanyaan apakah strategi Anda akan bisa menarik perhatian orang-orang yang ada dalam kelompok konsumen tersebut?

Free Email Updates
Get the latest content first.