Digital Trend 2018

Tanpa terasa, tahun 2017 sudah mencapai penghujung dan 2018 akan segera tiba. Bagi banyak orang yang berkecimpung di dunia digital marketing, saat-saat ini bisa jadi saat yang paling sibuk karena strategi baru untuk tahun depan sudah mulai direncanakan.

Terkait dengan strategi marketing untuk tahun depan, kira-kira, apa yang akan semakin banyak ditemui di dunia digital, terutama dalam fokus content marketing di tahun 2018 nanti?

Konten Transaparan dan Realistis

Harus diakui, keberadaan generasi millennial memberi pengaruh yang cukup signifikan di dalam dunia advertising. Generasi ini tak menerima mentah-mentah iklan maupun promosi terselubung. Mereka lebih memilih konten yang otentik dan transparan dari brand. Tak hanya di antara millennial saja, preferensi ini juga menular ke hampir semua lapisan konsumen pada umumnya.

Untuk mengantisipasi hal ini, konten yang jujur serta tak muluk-muluk bisa menjadi kunci untuk menarik hati konsumen potensial. Di tahun depan, penggunaan konten berbentuk review terbuka baik melalui influencer atau portal akan lebih efektif untuk mendapatkan kepercayaan audiens.

Live Streaming Video

Konsep live streaming sebenarnya bukan merupakan hal baru, tetapi pada awalnya tidak semua orang bisa melakukannya. Selain itu kontennya pun hanya dapat dinikmati secara terbatas. Media sosial merubah hal ini. Tren yang tadinya eksklusif dan hanya dapat dijalankan oleh para pemain media, kini bisa dilakukan oleh siapapun yang memiliki smartphone.

Dari sisi brand, kemudahan yang diberikan social media seperti Facebook atau Instagram untuk melakukan Live Video tentu sangat menguntungkan. Tanpa perlu persyaratan teknis yang sulit dan budget yang besar, audiens sudah bisa dijangkau secara real-time. Hal ini sejalan dengan engagement yang didapat.

Live Video will grab more attention next year
Source: Freepik

Berdasarkan data yang disajikan oleh Facebook, penikmat live video di layanan jejaring sosial ini lebih besar daripada penonton video biasa. Interaksi user dalam siaran langsung ini juga lebih tinggi, terbukti dari jumlah komen yang didapat dari jenis video ini sepuluh kali lebih banyak. Perkembangan ini membuat live video menjadi salah satu tren yang harus diperhitungkan di tahun 2018 nanti.

Video Temporer

Di periode sebelumnya, konten yang paling sering digunakan oleh para content marketer adalah konten yang ‘awet’ dan relevan untuk dibaca kapanpun. Ini berguna karena sewaktu-waktu konten tersebut dapat dipergunakan lagi di kemudian hari demi meningkatkan engagement ataupun traffic.

Kehadiran fitur Snapchat di mana video dari user hanya muncul selama maksimal 24 jam perlahan tapi pasti mengubah keadaan, terutama karena Instagram turut menyajikan fitur ini dengan nama Instastory bagi pengguna mereka, dan kemudian diikuti oleh Facebook. Di Instagram sendiri, fitur ini menjadi lebih serius dengan diluncurkannya analytics bagi video 24 jam yang di-post oleh akun bersifat Business, di mana Anda dapat melihat jumlah impression, reach, completion rate serta user yang melakukan swipe.

Personalisasi dalam Online Experience

Dalam beberapa tahun ke belakang, personalisasi dalam strategi email marketing sudah lumayan gencar dilakukan oleh para digital marketer dengan melakukan automasi untuk menyesuaikan e-mail yang akan dikirim sesuai dengan kriteria yang dimiliki target audience; seperti behaviour, interest, serta demografi mereka

Seiring berjalannya waktu, personalisasi pun merambah ke platform lain selain e-mail dan juga dijalankan baik pada B2B maupun B2C. Efektivitias personalisasi ini terbukti di riset yang dilakukan oleh Salesforce yang menunjukkan bahwa 70% konsumen B2B serta 58% konsumen B2C menganggap personalized experience adalah suatu faktor penting bagi mereka. Ini mengapa di tahun-tahun mendatang, pengalaman digital para internet user akan kian personal dan tak lagi generik.

Internet users will get more personalized online experience
Source: Freepik

Itulah sekilas prediksi tren digital marketing di tahun 2018 nanti. Apakah Anda sudah memiliki bayangan tentang campaign apa yang akan dijalankan tahun depan?

 

Free Email Updates
Get the latest content first.