Creative Communication Intelligence at FreakOut dewina Indonesia


Apa Itu User Generated Content?

User Generated Content adalah konten-konten yang diciptakan oleh kontributor yang tidak berbayar, yang dilakukan oleh audiens dari brand tersebut. UGC bisa berbentuk banyak hal seperti gambar, video, artikel hingga diskusi. User Generated Content sebenarnya adalah hal yang cukup sederhana, seperti brand mengajak users untuk membuat cerita atau membagikan momen mereka bersama dalam sebuah aktivasi.

Beberapa brand di Indonesia terkenal dengan strategi UGCnya, yaitu Kaskus, Hipwee, dan aktivasi ciptakan rasa Chitato. Kaskus, salah satu media UGC terbesar di Indonesia, mayoritas konten dibuat oleh penggunanya, mulai dari artikel hingga forum jual beli. Kaskus pun dianggap mampu memelihara penggunanya untuk selalu berkontribusi membuat konten.

source: thesocialmediamonthly

Mengapa UGC Lebih Efektif?

Salah satu kekuatan dari system UGC adalah bagaimana membangun trust dan relasi ke audiens. Melibatkan audiens, membuat mereka merasa lebih dekat dengan brand dan ikut menjadi bagian dalam brand tersebut. Audiens lebih percaya dengan konten yang dibuat oleh users lain daripada yang disampaikan oleh brand.

Menyentuh Ego Dari Audiens

Netizen suka membagikan hal-hal yang menurut mereka menarik kepada teman ataupun keluarga untuk validasi dan pengakuan sosial. Dengan insight ini, UGC bisa memberikan ruang pada audiens untuk membagikan hal yang mereka sukai tentang produk tersebut. UGC juga memberikan kesempatan mereka tampil, dan dilihat oleh pengguna lain.

UGC Adalah Marketing Yang Bersifat Volunteer

Bayangkan ketika pengguna-pengguna setiamu adalah marketer yang selalu membagikan informasi mengenai produkmu? Di dalam sistem User Generated Content, marketing tanpa disadari akan dilakukan oleh audiens loyal. Mereka akan membuat konten tentang produk tersebut, membagikannya di kanal media sosial mereka, scara tidak langsung juga akan masuk ke google search. Konten dari brand, tak hanya searah, namun akan diperkaya oleh users. Sifat dari konten ini pun gratis dan punya efek yang baik bagi brand.

Konten UGC Otentik dan Kredibel

Berbicara tentang UGC, pasti konten yang dibuat oleh users adalah hal yang otentik. Mereka akan membagikan konten berdasarkan pengalaman atau momen mereka. Cerita-cerita yang dibagikan ini menjadi sebuah katalog tersendiri bagi sebuah brand. Konten ini pun bersifat kredibel, artinya ketika pengalaman seseorang mengenai sebuah produk dibagikan, pastinya konten tersebut dipercaya. Users lain pun lebih mempercayai konten yang dibuat oleh sesame pengguna, sehingga brand trust dari audiens pun meningkat. Bahkan untuk beberapa orang, mereka percaya bahwa produk tersebut baik atau tidak berdasarkan review yang ada.

source: getstorybox

Free Email Updates
Get the latest content first.